Senin, 15 April 2013

tidak memberi saran bukan berarti tidak peduli


Saat seseorang curhat terhadap diri kita, sudah pasti kita harus mendengarkan, tetapi belum tentu harus memberi saran. Karena saat seseorang bercerita mengenai unek-unek yang ada di dalam hatinya, kita tidak tahu bagaimana perasaan dia yang sebenarnya. Kita juga tidak pernah berada di dalam posisinya, jadi jangan sok tahu.
Jika kita bukan penasehat yang baik, akan lebih baik jika kita hanya duduk mendengarkan, jangan memberi saran dengan kesoktahuan kita. Karena dengan kesoktahuan itu dapat membuat sang pencerita merasa semakin bingung terhadap permasalahan yang sedang dihadapinya. Kecuali ketika si pencerita menanyakan saran terhadap kita, hal itu lain lagi.
Bukan berarti ketika seseorang bercerita dan kita tidak memberikan saran terhadapnya, dinamakan tidak peduli. Bukan seperti itu. Ini hanya bagaimana cara kita memposisikan diri kita menjadi pendengar atau hanya sebagai penasihat atau pendengar sekaligus penasihat yang baik. 
Intinya, jangan pernah memberikan saran kepada seseorang dengan kesoktahuan kita, itu tidak baik. Lebih baik menjadi pendengar yang baik dibandingkan menjadi sok-sok penasihat :)
Jika ada yang tidak setuju dengan pendapat saya, silahkan komentar mungkin kita bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan :) thanks 

0 komentar:

Poskan Komentar